Rabu, 07 Maret 2012

Pentingnya Arti Membaca


Resensi buku   : Cinta Membaca
Penulis             : Puput  Happy, Endang Ssn, Dkk
Penerbit           : LeutikaPrio
Cetakan            : Pertama, Januari 2012-03-05
Tebal                : 247 halaman

                Membaca merupakan faktor utama yang menentukan kesuksesan seseoarang. Yang akan merubah seseorang dari biasa menjadi luar biasa. Wajar saja jika Iqro’ (bacalah), adalah kata pertama yang diucapkan Rasullulah ketika wahyu diturunkan. Maka tersirat sudah betapa pentingnya “pekerjaan” membaca.
            Dengan gemar membaca telah banyak membuat orang menuai prestasi terutama dalam dunia tulis menulis. Seperti yang dikatakan Asma Nadia, Penulis yang telah menulis banyak buku “Kamu tidak akan bisa menulis jika kamu tidak ingin membaca.”
            Hal serupa yang dikatakan Abdurrahman Faiz, (Putra Helvy Tiana Rosa, Remaja yang begitu mencintai membaca dan sudah menulis buku sejak kanak-kanak) yang mengatakan “ Buku yang kubaca selalu memberi sayap-sayap baru, membawaku terbang ke taman-taman pengetahuan paling menawan, melintas waktu dan peristiwa, berbagi cerita cinta, menyapa semua tokoh yang akan kutemui sambil bermain di lengkung pelangi.”

            Membaca buku antalogi “Cinta membaca” yang ditulis oleh 30 Penulis dari berbagai daerah ini akan membuat kita  tersentak, haru, kagum, dan tersenyum bahagia karena  kisah kisah yang disajikan setiap penulisnya begitu inspiratif. Membaca telah membuat mereka smart, kaya, dan menyenangkan.
“ Hidup terlalu singkat untuk memahami semua, tetapi dengan membaca kita bisa mengerti pengalaman dan perasaan orang lain.” Sebaris kalimat yang dikutip dari seseorang  penulis buku ini yang mengidap penyakit disleksia, kesulitan membedakan angkan dan huruf. Yang kemudian dengan gemarnya ia mebaca menyembuhkan penyakit yang ia derita.
Dan kisah-kisah penulis lain yang tak kalah inspiratif. Mulai dari  karena  membaca ia mampu menyatukan kembali hubungan antara anak dan ibu yang sempat renggang,  membawa ia keliling nusantara mengejar prestasi, mampu berbicara, meredam amarah, menjadi tempat bertanya,  sebagai obat dikala luka, bahkan sampai betemu Mentri dan tumbuh menjadi sosok yang bijak karena cinta membaca.
            Membaca buku ini akan membuat kita mengerti pentingnya arti membaca. Ditulis dengan bahasa yang ringan namun sarat hikmah disertai dengan tips dan kiat untuk menumbuhkan semangat membaca. Yang akan membuat kita semakin mencintai membaca. Dan  akan membawa kita terbang menggapai cita dan impian.

Terbit di Riau Pos Edisi Minggu 18 Maret 2012

2 komentar:

Risah Icha Az-zahra mengatakan...

waahh... terbit hari ini rupanya..
mau dong resensikan buku aku jugaaa

btw jadi nyesel kemaren nggak ikut iven ini.. :(

ematul hasanah mengatakan...

Tenang aja, masih buanyakkkkkkkkkkkk iven2 lain malah hadiahnya jutaaaaaaaaaaaaaaaaannnn :D