Senin, 26 Maret 2012

Lima Kekuatan Dahsyat Menjadi Mahasiswa Sukses



Resensi Buku: Jangan kuliah kalau gak sukses
Penulis           : Setia Furqon Kholid
Penerbit          : Rumah Karya
Cetakan           : keenam, April 2011
Tebal                : xiii+ 185 hlm
            Semua Mahasiswa tentunya ingin sukses. Tapi mengapa dalam waktu yang sama, ada Mahasiswa yang sukses namun ada pula yang gagal. Kita pernah melihat beberapa fonomena dibawah ini. Ada mahasiswa yang masa produktifnya dihabiskan untuk berkutat dengan diktat-diktat perkulihan dan mendapatkan nilai perfect di setiap mata kuliah. Dan ia merasa risih dengan teman-teman yang senang berorganisasi yang menurutnya tidak penting. Di pihak lain, ada Mahasiswa yang begitu hobi dengan berorganisasi, hingga tak jarang organisasi menjadi tempat pelarian karena merasa nilai akademisnya hancur. Ada pula tipe Mahasiswa yang bisa sukses di bidang akademis dan organisasi, namun sayang masih meminta segala sesuatunya kepada orang tua. Padahal saat keluar dari dunia perkuliahan, ia dipaksa memilih beberapa opsi: berwirausaha, melanjutkan S2 atau berkompetisi dengan ribuan  serjana yang berebut untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan tertentu. Terlepas dari apapun pilihannya. Jika jiwa kemandirian tidak dipupuk sejak dini, kuliah cukup dihargai dengan selembar ijazah serjana saja. Fonemena lainnya, adapula Mahasiswa yang nampaknya sukses dengan segudang prestasi namun hatinya tetap merasa hampa, penyebabnya, karena ia belum menemukan hakikat kesuksesan sebenarnya.

            Lantas Mahasiswa yang seperti apa yang dikatakan sukses? Mahasiswa yang sukses adalah Mahasiswa yang mampu mensinergikan segala potensi yang telah Allah titipkan padanya. Mahasiswa yang tidak semata-mata mengejar target nilai saja. Namun mampu menjadi pribadi yang mulia dengan kekuatan akhlaqnya, mandiri, dan tentunya berbuat kebaikan yang bermanfaat bagi orang lain. Setidaknya ada lima pondasi dasar yang menyongkong kesuksesan tersebut, yaitu: kekuatan spritual (Spritual Power), yang membuat Mahasiswa tetap berada di puncak kesuksesan sejati. Kekuatan emosional (Emotional Power), yang menjadikan Mahasiswa mampu beradaptasi dengan diri dan lingkungannya. Kekuatan finansial (Financial Power), yang mempertahankan Mahasiswa dari kehormatan dirinya. Kekuatan intelektual (Intellectual Power), yang mendasari setiap keputusan. Dan kekuatan aksi (Action Power), yang menjadikan Mahasiswa pemenang bukan pecundang.
            Lima pondasi dasar inilah yang menjadi bahan baku kesuksesan Mahasiswa. Dengan mengelola energinya secara tepat dan seimbang untuk setiap peran kehidupannya, ia mampu sukses di bidang apapun yang ia ambil.
            Buku yang ditulis oleh Setia Furqan Kholid seorang Trainer muda dan juga penulis buku best seller jangan jatuh cinta tapi bangun cinta, ditulis dengan energi dan pengalaman penulisnya sendiri. Buku ini sungguh berbeda dengan buku yang lain. Penulis mencoba membuka mata hati kita akan sebuah harapan untuk menjadi hamba bisa dimulai sejak dini, tidak mesti menunggu mendapatkan gelar serjana.
            Dalam buku ini anda juga akan mendapatkan tips jitu bagaimana menjadi Mahasiswa yang bukan hanya sukses di bidang akademis, tetapi juga mendapatkan pengalaman organisasi, mampu mandiri dan mengatur keuangan pribadi, juga mengatur keuangan pribadi, juga strategi ampuh mendapatkan beasiswa di dalam maupun luar Negeri lengkap dengan alamat yang ingin anda tuju.
Buku jangan kuliah kalau gak sukses ini salah satu buku best seller  dengan jumlah yang terjual lebih dari ribuan eksmplar. sangat cocok dibaca oleh Mahasiswa yang menginginkan kesuksesan untuk berubah dan mulai menyusun langkah.

Terbit di Riau Pos


Tidak ada komentar: