Selasa, 19 Juni 2012

Islam Itu Sangat Ilmiah

 

Judul               : Islam Itu Sangat Ilmiah
Penulis             : Agus Susanto
Penerbit           : Najah
Cetakan           : Pertama, Maret 2012
Tebal               :  252 Halaman
            Agama tanpa ilmu itu buta, sedangkan ilmu tanpa agama akan lumpuh. Demikianlah ungkapan Einsten, yang menandakan adanya relasi yang kuat antara agama dan ilmu pengetahuan. Ini pula yang berlaku pada agama islam dengan ilmu pengetahuan.
            Islam yang merupakan satu-satunya agama yang diridhoi Allah swt. Untuk dijadikan sebagai pedoman hidup manusia hingga akhir zaman. Sebagai agama yang diharapkan menjadi tuntutan hidup, Islam telah sempurna dan mencakup segala sesuatu yang dibutuhkan manusia.
            Salah satu hal penting sebagai bukti bahwa islam merupakan satu-satunya agama yang benar dan cocok dijadikan sebagai pedoman hidup manusia adalah adanya keselarasan antara agama islam dengan ilmu pengetahuan. Hal ini terbukti melalui temuan-temuan ilmiah dalam ayat-ayat al-qur’an, ritual ibadah, maupun sunnah-sunnah Rasulullah Saw.

            Salah satunya adalah tentang fakta ilmiah lautan yang tidak bercampur. Dalam QS. Ar-Rahmaan (55): 19-20). Ayat-ayat tersebut menggambarkan adanya kondisi air yang tidak bercampur di lautan, baik pertemuan dua laut yang asin dengan air tawar. Pada saat ayat ini diturunkan, mungkin manusia tidak ada yang menyadari makna dari ayat tersebut dan nilai ilmiah yang terdapat di dalamnya.
            Itu hanya contoh kecil yang disajikan dalam buku ini hanya contoh kecil yang disajikan. Selain itu, tentu saja masih banyak contoh lainnya yang menunjukkan betapa islam itu sangat ilmiah, baik itu fakta ilmiah dalam al-qur’an, fakta ilmiah dalam ibadah, dan fakta-fakta ilmiah dalam sunnah Rasullah. Sehingga tidak perlu lagi diragukan kebenarannya.
            Buku yang ditulis oleh Agus Susanto ini akan membuat kita terutama umat islam semakin meningkatkan keyakinan terhadap islam  dan berusaha mengamalkan ajaran-ajaran seoptimal mungkin.
            Hanya saja bahasa yang digunkan dalam buku yang berhalaman 252 ini, terlalu menoton sehingga belum sampai di halaman terakhir pembaca sudah merasa jenuh.
            Ematul Hasanah, bergiat di Flp Cabang Pekanbaru
           
Terbit di Riau Pos edisi Minggu 29 Juli 2012

3 komentar:

Rumah Al Banna mengatakan...

kalau saya pernah baca eBook yg berjudul Rahasia Angka di Al-Qur'an, sangat2 Ilmiah

Buku Islami mengatakan...

islam bukan hanya indah tapi sungguh sungguh menakjubkan dan luar biasa.
saya bangga menjadi muslim.

buku islam mengatakan...

SUNGGUH menakjubkan........