Kamis, 14 Januari 2010

cerpen Alia








Alia….
Tlahku coba meredam gejolak di hatiku, tetapi pesona keteduhanmu tlah menghanyutkan ketenangan qalbuku
Inginku balut rasa ini dengan kepak sayap para bidadari menjemputmu dengan jalan yang di ridhoiNya

Sepenggal isi surat yang ku terima seminggu yang lalu tlah mengusik ketenangan jiwaku. Surat yang ku terima dari alumni seniorku. Wahyu rinaldi, Dua tahun yang lalu di saat ia masih menjadi seniorku pernah singgah rasa kagumku padanya,namun setelah aku memutuskan untuk berjilbab tlah ku tepis segala noda yang akan mengotori hatiku.
Sekarang walaupun kak Wahyu tidak tercatat sebagai siswa SMA lagi, tetapi ia masih sering datang ke sekolah mengisi kajian sekaligus menjadi pembimbing anak-anak rohis karna dulu ia memang di lahirkan dari rohis
kedatangan surat pink itu membuat aku tidak mengerti kenapa tiba-tiba kak Wahyu memberikanku surat seperti ini, padahal aku tlah berusha menjaga batasan komunikasi sesuai dengan apa yang ku ketahui.Seperti gadis remaja seusiaku pasti merasa tersanjung dengan kedatangan surat pink itu,tapi aku harus menghentikankan rasa yang belum pantas ku miliki tidak seharusnya aku membiarkan diriku berlama-lama terombang-ambing dalam alunan ini bukankah aku tlah memimilih,memilih hidup dalam cintaNya.

“Duaarrr "suara Ririn membuyarkan lamunanku lamunanku
''ngelamun aja,ni ada surat untuk kamu!'' Ririn menyodorkan dua buah amplop berwarna pink padaku
''dari siapa rin?''
''yang satu dari Ari anak IPA4 dan yang satu lagi dari Bayu anak X2''
ku buka satu persatu amplop berwarna pink itu.

Ada nada cinta yang mengalun rindu di relung hatiku
Ada sosok bidadari yang tlah singgah di segumpal darahku
Bidadari dengan berjuta pesona keteduhan
Bidadari yang membuat aku ingin selalu ingin mendekatinya

Tak ku lanjutkan membaca rangkaian kata selanjutnya dua buah amplop berwarna pink itu isinya kurang lebih sama.
Ari adalah sahabatku dulu sewaktu kelas x aku dan Ari sama-sama aktif di osis ya lumayan dekat,semenjak aku masuk rohis jarang komonikasi antara kami dan aku tidak menyangka ternyata dia menyimpan perasaan lain kepadaku, Sedangkan Bayu adalah juniorku aku mengenalnya semenjak acara mabit (malam bina iman takwa) yang di adakan rohis semanjak itu ia sering menghubungiku untuk menanyakan seputar tentang rohis aku juga tidak mengerti kenapa surat ini bisa ku terima darinya?" ya ALLAH engkaulah yang membolak-balikan hatiku genggam hatiku dengan cintaMu jangan biarkan aku terperangkap ke dalam jaring merah musuh nyataku

ku masukkan kembali surat itu ke dalam amplop yang berwarna pink tadi
.''apa isi suratnya al? '' Ririn penasaran
'' ni baca aja sendiri “ Ririn membuka kembali amplop yang berwarna pink tadi
'' wah romantis banget Al !! kamu pilih yang mana?pilih Ari atau Bayu dari cerita yang aku dengar ni, Ari tu termasuk cowok idola sekolah kita ,kalau Bayu walaupun adek kelas,tapi dia keliatan dewasa banget cara ngomöngnya aja beribawa banyak loh kakak kelas naksir dia wah kamu beruntung ya?di taksir sama cowok-cowok idola sekolah '' Ririn berceloteh memberi dukungan agar aku menerima salah satu cinta dari Ari atau Bayu.Ririn adalah adalah sahabatku sekelasku baru empat bulan dia berada di sekolahku dan baru stu minggu dia menjadi teman sebangkuku mungkin dia belum tau prinsip dengan prinsipku '' gak ada satu pun Rin''
'' kenapa ?? sayang loh al di tolak atau karna mereka gak ada jenggot ya?''
'' jenggot ???? ?apa hubungannya? ''perkataan Ririn membuat keningku berkerut
'' biasanya kalau cewek yang jilbabnya kayak kamu suka cowok yang ada jenggot gitu kebanyakan senior-seniorku di SMA ku dulu yang dari rohis suaminya pada bejenggot semua '' penjelasan Ririn membuat aku tertawa
'' kamu ada-ada aja,itu kan suaminya bukan pacar alasanku menolak mereka bukan masalah ada jenggot atau tidaknya,tapi karna belum saatnya ''
'' maksudnya '' Ririn bingung dengan ucapanku
'' begini loh Rin,islam tlah mengatur bagaimana hubungan antara laki-laki dan perempuan dan islam juga sangat menjaga kesucian terutama kesucian hati nah kalau aku menerima cinta Ari ataupun Bayu berarti aku harus berpacaran sedangkan pacaran adalah jalan yang akan mengotori hati,jika hatiku tlah kotor dan tentu kotoran di hatiku akan menjadi pembatas hubungan ku dengan ALLAH cinta yang suci akan ada saatnya nanti bukan sekarang cinta suci hadirnya ketika ijab qabul tlah terucap aku hanya berusaha memegang prinsip yang ku yakini itu banar”
''Ooo..jadi itu ya alasan kamu menolak mereka bukan karna jenggot ya?Ririn cengengesan sambil menggaruk kepalanya yang tidak gatal.aku hanya tersenyum mendengarkan perkataan Ririn

Hiruk pikuk gemuruh suara para siswa berhamburan keluar dari kelas pertanda jam belajar hari ini tlh usai.Ku ayunkan langkah kakiku menuju musolah sekolah ba'da dhuzur nanti ada rapat tentang program kerja penyambutan muharam sekaligus aku ingin berbagi tentang surat-surat yang tlah mengusik hatiku.Dari jauh mataku menangkap sosok Ria yang bergelayut manja di lengan seorang cowok “astagfirullah ” ku alihkan pandanganku sambil mengusap dadaku.Ria adalah sahabatku beberapa bulan yang lalu kami sama-sama aktif di rohis,tetapi di saat seseorang menawarkan cinta padanya dia lebih mememilh cinta itu dan meninggalkan jilbabnya ''Ya ALLAH buka kanlah pintu hati sahabatku terangi ia kembali dengan hidayahMu dan kuatkan aku dengan keistiqomahan cinta kepadaMu
Remang-remang malam semakin panjang. Jangkrik semakin riang memadukan harmony mendengdangkan syair malam.Hening menyentuh jiwaku ku basuh jiwaku dalam alunan nada air membawa diri ke taman sajadah merajut kata dalam doa

Ya RABB..izinkan aku mencintaiMu walaupun aku tau cinta yang ku miliki tak kan sesempurna cinta para kekasihMu
Izinkan aku mencintaiMu walaupun aku harus tertatih menggapai cintaMu
Izinkan aku mencintaiMu lewat sholat yang ku dirikan kadang masih terbata-bata,mencintaiMu lewat dua rakaat lailku
Ya RABB jangan biarkan cintaku pada hambaMu menjadi berhala di hatiku jangan biarkan aku menjadi parasit iman hambaMu,melainkan jadikanlah setiap cinta yang KAU titipkan padaku menjadi kekuatan untukku lebih mencintaiMu
Ya RABB...aku ingin mencintaiMu bukan hanya lewat lisanku,tetapi lewat alunan kalamMu yang ku lantunkan,lewat aliran nadiku,lewat detak jantungku,lewat napasku dan lewat setiap langkah yang ku tapak.
Cintaku padaMu ya RABB membuat aku ingin memperbaiki diriku hingga suatu saat nanti aku dapat memandang wajahMu dengan semua cinta hanya untukMu

Ada kelegaan di hatiku menumpahkan segala beban yang menghimpit dadaku.Ku raih sebuah mushaf, ku tenggelamkan diriku dalam setiap alunan kalamNya.Ku biarkan bening-bening hangat menelusuri ke pipiku''ALLAH sungguh aku sangat mencintaiMu genggamlah hatiku”

Jam di kamarku berdenting menandakan udah jam empat pagi.Ku ambil sebuah kertas menulis balasan amplop pink yang tergeletak di meja belajarku "Al,juga harus instropeksi diri mungkin keramahan dan juga perhatian Alia pada mereka tlah di salah artikan harus lebih menjaga karna setan punya beribu cara untuk menggoroti iman kita '' begitulah ucapan kak Dewi padaku saat aku minta solusi darinya tentang masalah-masalah yang ku hadapi. Ya mungkin selama ini aku terlalu terbuka tanpa aku sadari tlah membuka cela bagi setan


Asslamkum……….
Dek,cinta sejati itu bukan terletak pada manusia, tetapi pada ALLAH jangan sia-siakan di waktu kita yang masih tersisa kita gunakan memikirkan hal-hal yang tak seharusnya kita pikirkan gunakanlah dek di waktu masih tersisa ini untuk berprstasi memberikan yang terbaik untuk orang tua dan terbaik untuk ALLAH

Kubalas surat dari Bayu singkat namun cukup jelas demikian juga balasan surat untuk Ari lebih kurang sama dengan balasan surat untuk Bayu
Ku raih lagi satu lembar kertas kali ini surat dari kak Wahyu huuuh.. ku hembuskan napas panjangku ''yakinlah Al keistiqomahan kita akan di ganti ALLAH dengan syurga '' perkataan Ayu masih terngiang di ingatanku
Assalamkum…
kak,afwan saya belum siap untuk menikah,kalau kakak memang udah mantap ingin menggenapkan separoh dien lebih baik cari akhwat yang udah mantap untuk menikah, afwan.

Ku balas surat kak Wahyu tanpa embel-embel kata-kata romantis
Hening mulai menarik fajar, mentari fajar di ufuk barat mulai tersenyum seraya berkata”yakinlah Alia ada cinta yang jauh lebih indah selalu menantimu”

Tidak ada komentar: